> " do not only work hard but work smartly - jangan hanya bekerja dengan keras, tetapi bekerjalah dengan cerdas

Menang dan kalah di PD 2010

Hal yang sangat menyenangkan jika kita berhasil melewati tahap-tahap atau fase dalam sebuah pertandingan. Baik hal besar atau kecil sekalipun dalam hidup jangan lah menganggap hal itu mustahil atau tidak bagi kita untuk melaluinya. Berhasil atau tidak, menang atau kalah sangat penting sekali pengaruhnya dalam menentukan langkah kita di pertandingan lain yang setiap saat sudah menanti di depan kita. Hidup ini tidak obahnya seperti satu perlombaan untuk memenangkan satu pertandingan.

salah satu contoh sekarang ini di musim Piala Dunia 2010, dari 32 tim atau negara yang bertarung untuk memperebutkan gelar bergengsi itu, harus ada tim/negara yang tersingkir, mulai dari babak pengisihan, 16 besar, semifinal dan akhirnya hingga di final. Semua tim bertanding untuk meraih kemenangan. Tim dengan permainan atau strategi bagus pasti akan menang, namun adakalanya kemujuran juga salah satu kunci sukses sebuah tim tapi pada intinya adalah kerja sama dalam sebuah tim.
Kekalahan adalah hal yang biasa terjadi di dalam hidup ini. Kalah itu pahit rasanya, merasa tidak berguna dan sia-sia dengan apa yang telah diusahakan. Seperti kata orang bijak "kekalahan adalah kemenangan yang tertunda". Artinya siapapun yang pernah kalah pasti nantinya akan merasakan kemenangan. Menang adalah mengalahkan, juara, lulus, meraih atau mendapat hadiah, atau dinyatakan benar. Namun perlu diingat "yang kuat atau baik bukanlah yang menang, tapi yang menang merupakan yang terbaik atau terkuat". Kata-kata ini merupakan suatu motivasi bagi kita bahwa siapapun bisa menang asalkan dia bisa menjadi yang terbaik diantara yang terbaik.

Untuk tim/negara yang sudah "back home" ke negara masing-masing, tetaplah tunjukan semangat pada generasi selanjutnya, karena masih ada waktu untuk bertanding dan meraih kemenangan. Dan untuk tim/negara yang masih bertahan dan akan bertanding ke tahap semifinal, junjung terus sportivitas "fair play". Bicara soal menang atau kalah tak akan pernah habis hingga akhir dunia. Seperti kata orang-orang, dunia seperti roda yang terus berputar dan akan terus ada yang menang dan kalah.

No comments: