> " do not only work hard but work smartly - jangan hanya bekerja dengan keras, tetapi bekerjalah dengan cerdas

selamat jalan..

Terbangun dari tidurku, aku terima pesan singkat dari abang aku, pesan sekitar setengah jam yang lalu setelah aku terbangun dari tidurku. Mata ini masih berat untuk membaca pesan singkat tersebut, aku ulangi lagi membacanya. Terkejut, sedih, dan sejenak terharu, bingung mau gimana, hampir saja aku lupa membalaskan pesan singkat itu.
Serasa tidak percaya sama sekali. Baru satu minggu yang lalu aku masih bercanda tawa dengan oppung boru {P. br. Simarmata (+)} di dalam penderitaan sakit yang beliau derita. Rumah sakit swasta MP di kota Medan yang menjadi saksi itu. Tidak dapat terlupakan dimana saat-saat terakhir bersamamu, masih kubasuh wajahmu, menyuapi makan melalui selang kecil yang tersambung ke saluran pencernaan melalui lubang hidung. Tidak lama memang aku bisa menemani oppung saat aku disana. Sangat sakit memang dengan kondisi seperti ini. Aku sangat, dan sangat bisa merasakan hal itu.
Selama kurang lebih 48 tahun engkau ada bersamaku, menemaniku, mengajariku hingga aku bertumbuh dan dewasa sampai saat ini. Dan juga engkau tidak lupa memarahiku disaat aku terlena akan kedewasaanku. Bahkan, di masa bahagiaku engkau masih hadir dalam acara wisudaku. Di saat itu pula, engkau datang tepat waktu dimana  bapak tidak bisa mendampingi aku, kala itu oppung boru { br. Sihombing (+)} telah dipanggil menuju rumah Bapa yang kekal. Tapi aku hanya bisa menemanimu sebentar saja disaat engkau tidak berdaya untuk bisa menemaniku, mengajariku, dan memarahiku.   
Banyak kesalahan yang aku perbuat selama aku ada bersamamu oppung, tidak dapat aku lupakan akan amarahmu yang membentuk dan mengarahkan aku untuk lebih baik di mata keluarga dan lingkungan. 
Genap sudah 74 tahun engkau ada di dunia ini, kini engkau telah dipanggil menuju rumahNya. Semoga engkau tenang bersamaNya. Aku yakin dan percaya, oppung berada di tempat bahagia di surga sana. Selamat jalan oppung.. 

No comments: